Tips menjaga akun anda, seperti anda menjaga si dia...💖

KilasRingkas Mei 05, 2020

Maraknya beberapa kasus pencurian data atau penjualan data saat ini, salah satu contoh dari e-commerce burung hantu hijau sebut aja dia Tokopedia (bukan nama samaran). Ya sudah banyak berita menjelaskan terjadinya bocornya data 91 juta akun tokopedia yang isunya sih dijual. Saya bertemu Madam Suketi teman dari Miki Jamet di empang sebelah rumah, dia salah satu korbannya yang menjelaskan kepada saya dengan santuyy dan yahuy.

"Sebelumnya tidak kaget atau panik kalau data uwe akan dicuri secara uwe nich adalah influencer dari planet aksi spacetoon,selain itu emang di dunia maya atau dumay nich, sudah sering terjadi penjualan data. udah keliatan banget lah tanpa mata byakugan pun bisa dilihat.salah satunya elu maen sosmed secara gratis,kemudian elu googling sana sini juga di rekam jejak petualangan lu, eh maksud uwe jejak digital elu dan masih banyak lagi.Lanjut bicara tentang tokopedia, jika ada kebocoran data seperti ini menurut uwe itu hal wajar dimana ada sih sebuah program atau aplikasi yang maha istimewa sempurna keren dan satpamnya kuat tak bisa dijebol? Apalagi perkembangan data atau aplikasi sendiri seiring berjalannya waktu pasti ada celah atau kumbang dimana mana." kata Madam.

Kemudian saya tanya, apakah tidak ada data penting? kemudian kalau ada kasus seperti ini siapa yang disalahkan?

"Bukan ga penting kebetulan saldo uwe habis masa corona ini. endorse-an juga ngga ada. ditambah email uwe sudah lama tak aktif. Untuk kasus saat ini uwe belum berani menjawab bukan kapasitas uwe .namun sebaiknya temen temen sebelum daftar sebuah aplikasi alangkah baiknya diliat dulu S&K-nya. uwe juga masih harus banyak belajar." kata Madam.
https://www.tokopedia.com/terms#akun

Oke terakhir nih ada tips and trick untuk temen temen untuk menjaga data atau akun-akun yang bersemayam di setiap aplikasi saat ini?

"Wohooo baiq bole bole, bujank nanti uwe WA elu, kalau sekarang uwe mao ke party dolo". kata madam suketi dengan muka berseri.

Emang mau kemana? siapa yang ngadain acara di masa corona ini?

"Istri kocheng uwe lahiran brow, dia bikin tasyakuran di belakang rumah, dah lah uwe mao siap siap, uwe cabut dulu ye mikummm.." madam suketi kemudian terbang bak ultraman taro

Sepulang dari empang, saya dapat WA dari si Madam. Kemudian hari itu juga saya rangkum tips dari beliau dan berikut isinya...

1.Tidak panik, kemudian cek

Benar tidak perlu panik, sebab jika panik yang ada durasi waktu untuk menyelamatkan data dan akun akan terkuras. sebaiknya langsung cek apakah akun kalian ikut terjerat? Terus bagaimana cara ceknya? Ada beberapa situs untuk mengecek apakah email yang kalian punya ikut dalam kasus pencurian atau bocornya akun. saya sarankan menggunakan teknologi dari firefox lewat situs ini https://monitor.firefox.com/?breach=Tokopedia.

2.Backup data dan jangan menggunakan email pribadi

Yap benar! backup data seperti saldo misal. Langsung pindahkan ke bank dengan fitur tarik saldo. kemudian kalian juga harus punya email cadangan dan jangan menggunakan email pribadi untuk mendaftarkan akun di setiap aplikasi. kalau saya dulu pas SD punya satu email yang buat didaftarkan ke setiap aplikasi yaitu angelboy_kazegantenk@xxxx.com (jangan ditiru guys udah alay satu email buat semua), kemudian saya sadar atas kejancukan ini  😂 saat itu juga saya buat email lagi dan saya bagi untuk ini itu.

3.Manfaatkan teknologi google dan ganti password secara berskala

Tidak dipungkiri raksasa megaladon satu ini, eh maap google ini, selain dapat menyimpan kata sandi setiap akun, kalian dapat mengatahui apakah kata sandi kalian sudah kuat baik atau tidak melalui situs ini https://passwords.google.com/

kemudian di chorme juga terdapat fitur rekom untuk password yang yahut. Kalau lupa bagaimana? tenang jika menggunakan chrome dan login sync di menggunakan gmail. Kalian dapat dengan mudah mengakses beberapa fitur bawaan google seperti history, bookmark sampai password ini.

Yang penting ubah password kalian secara berskala agar lebih aman brow sist

4. Gunakan aplikasi pihak ke 3

Tidak seperti hubungan percintaan yang rumit pihak ketiga selalu menjadi parasit. Namun disini aplikasi pihak ke 3 adalah opsi bantuan untuk kalian yang mempunyai email SSO atau email perusahaan,kampus dan laen laennya. Aplikasi ini sama fungsinya seperti google tadi membantu memberikan rekom password atau menyimpan password salah satunya adalah https://www.lastpass.com/ kekuranganya adalah berbayar. Sedangkan kelebihan dari aplikasi ini setahu saya terdapat extension di setiap browser jadi setiap ganti device kalian tak perlu khawatir...

Woke brow mungkin itu dulu tips dari madam yang saya dapat rangkum dan bagi kan kepada kalian semua semoga bermanfaat!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.