Roadmap Frontend Dev di tahun 2020 😱

KilasRingkas Mar 04, 2020

'ADUH MAKKK', mungkin kalimat itu yang terbesit di pikiran kalian saat bingung menetukan pilihan. Iya seperti judul diatas kini frontend dev, menjadi trendsetter dalam dunia kerja khususnya dibidang teknologi saat ini (asique...). Para talent pool yang baru juga mulai muncul dipermukaan dengan bersaing 'sehat'.

Pasti mulai dari situ juga kamu merasa 'gengsi' untuk ikut trendsetter tersebut, tidak ada salahnya kok, santuyy. Bahkan banyak gosip loh tentang gaji frontend dev yang menggiurkan 🤤 itu juga menjadi salah satu faktor temen temen ingin nyelam dunia frontend dev. Mungkin ada satu pertanyaan terngiang di telinga temen temen yang baru dan ingin belajar tentang frontend dev.

Apa aku bisa?  
ilustrasi kamu

Ya bayik aja nangis, apalagi kamu....

Ketakutan itu terjadi saat banyaknya saingan di muka bumi ini. Ditambah lagi kebingungan menghantui dirimu 👻.

Mulai dari mana?, belajarnya bagaimana?

Aduh broooww, ini bukan zaman paleolitikum lagi... Internet ade, koneksi dimane mane, Main IG, Twitter, FB bahkan Tiktok aja bisa, apalagi belajar masa depan kamu nich... dan kalian belum coba udah mau bundir.

Tapi mas, aku udah belajar bertahun tahun tapi tidak ada hasil. kayak sia sia apalagi aku baru lulus 🎓. Piye mas?

Ayolah bro sist bisa bisa... kalian bisa kok belajar lagi aja, belajar itu tidak ada batasan...semangat

Tapi telat mz, kalau belajar sekarang

Aduh biyung... mending telat daripada ga sama sekali kaum rebahan... btw aku juga kaum rebahan kok hahaha. Pada intinya coba asah lagi kemampuanmu.. jika bukan passionmu ga perlu nyesel, syukuri kamu sudah belajar satu step dari teman teman mu yang laen.. Udah..

Nah bagi kalian yang masih ingin belajar dan bingung mulai dari mana bisa liat referensi roadmap yang diberikan oleh https://roadmap.sh/frontend nih...

bukan silsilah keluarga

Mampus luuu, ini bukan sisilah keluarga ande ande lumut... tapi roadmapnya frontend dev di tahun 2020 nih...

Banyak banget mz, alamakkk!!!

Kalimat itu pasti bersemayam dilubuk hati kecilmu... Tak usah khawatir broww sistt, ingat orang yang "master","pro", "dewa" versi mu. dulu juga belajar dari awal sekarang tinggal niatnya aja brow sist.

Oke mz, Terus awal mulanya belajar apa?

Menurut roadmap diatas disarankan belajar HTML, CSS baru kemudian Javascript (JS) bukan Javanese Society atau Hanacaraka loh. tapi javascript setelah itu terserah mau fokus dimana bisa web design, frontend mobile atau yang lain dengan framework dan antek anteknya. Dan satu lagi yang penting itu belajar konsep dasarnya.

Referensi belajar dimana?

Sebenarnya google tutorial html juga ada, tapi kalau versi saya dulu belajar lewat W3School, kok inggris mas. Ya lord.... Ayolah sekalian belajar bahasa inggris ojo separuh separuh talah, ojo iso e which is, at least, literally. nah jowo ku sampe metu c*k. santeee gemez aje aq 🤣. Kalau versi video bisa cek di youtube banyak atau bisa di https://www.buildwithangga.com/kelas/css-website-design (ngga diendrose tapi kebetulan kenal dengan beliau)

Oke kalau versi offline nya dimana mz?

Dulu saya belajar di Ebook Om Ariona, berkat beliau saya juga pernah buat buku buat temen temen kampus dulu belajar HTML. pas menggantikan dosen berhalangan. kamu bisa download  link dibawah untuk ebook html css dari om ariona gratis kok.

Ebook Belajar HTML dan CSS untuk Pemula Gratis
Download Ebook belajar HTML dan CSS untuk pemula gratis, dalam ebook ini akan dibahas segala hal tentang HTML dan CSS disertai dengan studi kasusnya.

Oh iya lupa, alat perang untuk frontend basic tidak perlu muluk muluk cukup text editor sama browser senyaman mu... Bisa Chrome,Mozzila, Edge, Opera dan lain lain.

Berikut referensi teks editor yang lagi viral, jangan lupa cek requirement sesuai laptop kalian jangan dipaksa:

  1. Visual Studio Code
  2. Notepad++
  3. Sublime
  4. Atom

Oke terakhir, setelah belajar usahakan tulis ulang atau rangkum hasil belajarmu sebagai pemahaman dirimu sendiri. Tetep semangat belajar broww sistt hilangkan rasa ketakutkan atau kebingungan yang menyelimuti hangat dirimu, Jika masih ada rasa bingung coba diskusi dengan beberapa komunitas frontend bisa di facebook bisa di telegram salah satunya ada UXD PHP ID,Frontend ID, JS ID,Web Design Indo.

Postingan selanjutnya kalau ada waktu saya akan bahas tentang seputar frontend yang lain.. jadi tunggu aja...😁

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.