Review: Kenalin Brave, Si browser yang "BERANI" tampil beda

KupasTuntas Apr 12, 2021

Sekian lama tak ngeblog ria, kini kembali lagi ingin mengulas sebuah peramban yang yahuyy aduhai dah pokoknya. Dimana peramban situs ini sudah lama hamba gunakan bahkan jadi default browser di lepi maupun smartphone hamba. Apa iya semenarik itu? sehingga browser lain yang OP pun kalah telak? Jawabannya IYA DONG~ menurut hamba ya heheh (namanya juga ulasan).

Skrinsut dewe

Jadi apa nama dari browser itu?

Kita sambut si Brave penantang yang sudah 5 tahun melalang buana asikk. Bagi yang belum kenal brave, peramban satu ini buatan mbah Brendan Eich si pembuat javascript dan Co-Founder Mozilla.

Kenapa memilih Brave?

Jadi gini loh ceritanya, selama hamba menggunakan beberapa peramban yang sudah pop di khalayak umum yaitu chrome dan mozilla. Hamba jatuh hati pada chrome (dulu ye). Karena ke aneka ragaman fitur yang menurut hamba ini peramban yang asique deh diajak untuk ngedate menjelajah,mengarungi apapun yang telah dilewati pokoknya dah setia deh nememin dan jadi daily use hamba. INGAT itu dulu wkwkwk.

Semenjak bergulirnya waktu chromium hadir secara “opensource” ya hamba berpaling deh sama si Brave 🤣. Karena apa? jelas karena fitur yang dibawahkan yaitu anti track dan ads blocknya. Apa itu doang? tidak dong~ jelas Tor project yang udah terbenam. Peramban sebelah punya VPN (tapi ulasannya banyak yang bilang tak aman) Kalau Tor? ya ga usah tanya jelas aman. Itu doang? lololo belum selese bentar ada satu lagi yang baru yaitu IPFS ato Inter Planetary File System. Terus fitur brave rewards bisa cari cuan hohoho. Oh iya hampir lupa berhubung Brave itu turunan dari chromium, jadi extesionnya bisa ambil dari chrome.

Males baca? aduh.. oke deh hamba buat list fiturnya:

  • Brave turunan turunan chromium jadi extesion bisa ambil dari chrome ✨
  • Tor Project terbenam di browser layaknya VPN tapi lebih aman 🤩
  • Anti Track dan Ads Block 😎
  • IPFS kamu bisa enskripsi file yang akan dishare ke rekanmu 😜
  • Cari cuan bersama brave rewards 🤑

Dari fitur-fitur itu bisa apa?

Jelas nembus situs yang diblokir, baca artikel tambah enak, share file jadi aman, extesion ciamikk dari chrome bisa di comot, banyak deh pokoknya.

Ada fitur baru lagi yang mau hadir…

Yap tidak lain tidak bukan yaitu brave search, pengganti google.com wkwkw hamba juga penasaran hehehe, tapi jika temen temen pengen ganti google.com pakai aja duckduckgo.com kenapa? ya tahulah google heheh trackingnya ada dimana-mana kau cari ini itu dicatat tampil iklan sana sini gemez bukan?

Peramban yang hamba ulas tadi versi PC atau dekstop ya, yang smartphone bagaimana? tenang tidak kalah menarik kok. Justru malah wow menurut hamba, kenapa? dari secara ui/ux sangat baik (ini yang paling penting menurut hamba) lihat deh gambar diatas aduhai kan?. Karena menu barnya ada dibawah yang membedakan lagi brave membawa fitur ads block dan anti trackingnya di mobile. Jadi bisa bayangkan betapa enaknya bukan wkwkwk. Emang ga salah kok si Brave peramban yang “berani” tampil beda. Ya minimal kedepan semoga Tor project bisa tersemat di peramban versi mobilenya. bisa berselancar kemana-mana dengan bebas heheh. sebenernya bisa kok diakali menggunakan DNS di settingnya.

Cara nembus web yang diblokir gimana?

Cara ini sama seperti di semua peramban web versi PC kok. cuma 3 langkah:

  1. Temen temen pilih titik tiga yang ada dibawah (bagian menu bar) pilih setelan

2. Kemudian cari Lanjutan dan pilih “Privasi dan keamanan”

3. Nah terakhir cari DNS yang kamu sukai, kalau disitu hamba pakai 1.1.1.1

Dan boom selamat kamu bisa nembus reddit dan sejenisnya situs yang diblokir akhirnya bisa silaturahmi heheh.

Apakah Brave tidak menyediakan VPN di mobile?

Ada sih sayangnya di produk apple aja yaitu iOS 😢, Android belum. itu salah satu kekurangan brave juga.

Lantas apa yang membedakan DNS dan VPN? Jika DNS alamatmu masih dapat diketahui namun kamu diberikan jalur yang istimewa untuk menembus situs-situs tadi layaknya jalan tol gitu lah. Sedangkan VPN alamatmu di enkripsi oleh penyedia VPN jadi tidak akan diketahui dan pastinya diberikan jalur express oleh penyedia VPN tersebut. #sedikitinfo aja

Terakhir mulai dari tadi kelebihan semua, kekurangannya apa?

Ini dari versi hamba ya, kekurangannya brave sendiri karena menggunakan turunan chorme terkadang masih ngadat (maklum lah adanya extension juga berpengaruh pada performa) selain itu belum adanya fitur sync seperti edge,mozilla,chrome ataupun opera. Sementara itu sih menurut hamba.

Bonus nih untukmu

Kamu ingin merasakan youtube premium di mobile dengan Brave? yuhuu jelas bisa kok gratis, legal dan aman wkwkwk. Bagaimana caranya?

  1. Pertama buka youtube menggunakan peramban brave versi mobile (kalau url lari ke m.youtube.com, santai tak perlu bingung)
  2. Pada bagian menu akun diatas pilih dekstop

Udah deh tinggal cari video atau lagu, youtube pun akan main di background jadi bisa di tinggal WA an dengan doi, stalking instagram dan lain lain wkwkw. Selamat mencoba youtube premium ala ala.

Gimana kerenkan? udah langsung aja unduh peramban si Brave Browser ini di https://brave.com/  atau di Appstore dan Playstore juga ada.

Oke sekian dulu terima kasih semoga bermanfaat

Mata air:

Secure, Fast & Private Web Browser with Adblocker | Brave Browser
The Brave browser is a fast, private and secure web browser for PC, Mac and mobile. Download now to enjoy a faster ad-free browsing experience that saves data and battery life by blocking tracking software.
Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.