Pengen kaya pakai teknologi, tapi ya nggak gini juga

Horcrux Jan 29, 2021

Mari kita menelisik hal-hal lama tapi sedang naik daun lagi, ya apalagi kalau bukan MLM ilegal berbasis Investasi Bodong. Ya kita tau sendiri, korbannya bukan kalian yang millenial, gen-z ataupun gen-namex tapi generasi sebelum itu, bisa seperti orang tua, kakek dan nenek kita semua.

Sebenarnya hal ini gak jauh beda dengan orang jualan produk ginsamyong, asyifa dan kalung batu-batuan yang lainnya. Tapi walaupun jualan ginsamyong dan kalung batu-batuan sejenis teknik jualannya yang termasuk rada cringe, terbilang masih legal dan produk yang dijual nyata adanya. Yang akan kita bahas kali ini adalah fenomena MLM ilegal yang menawarkan keuntungan secara instan hanya dengan modal apps, sebelum masuk ke ranah itu mari telisik singkat tentang MLM dan gimana Ponzi ini bekerja, skuy ngab

Tentang MLM

Pada dasarnya MLM atau Multilevel Marketing adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai  tenaga  penyalur  secara  langsung (distributor).  Harga  barang  yang  ditawarkan  pada konsumen  adalah  harga produksi  ditambah  komisi  yang  menjadi  hak  konsumen  karena  secara tidak langsung  telah  membantu  kelancaran  distribusi.

Penerapan  sistem  MLM  ini  bertujuan  untuk  menghemat  biaya produksi dan biaya pemasaran serta dikonversikan sebagai bonus bagi distributor.

Penjualan  MLM  dilakukan  melalui  penjualan  langsung  (direct  selling) dimana calon pembeli tidak perlu  datang ke  toko atau supermarket untuk  membeli sejumlah barang,  tetapi  hanya  cukup  di  rumah  saja,  karena distributor  MLM akan  datang  menawarkan produknya.

Kalian mungkin tak asing lagi dengan nama-nama besar seperti CNI, Tianshi, Sophie Martin, Amway, Forever Young, DXN, Oriflame, Ahad.Net, K-Link, dan lain sebagainya.

Yappp, itu adalah bisnis yang memakai strategi MLM untuk memasarkan produk mereka.

Money game / Ponzi

Karena maraknya  perkembangan  MLM,  membuat  terciptalah  sebuah  sistem bisnis yang menyamai  bisnis MLM yang berbentuk Money Game.

Lantas apa bedanya dengan MLM ?

Perbedaan antara  Ponzi  dan  MLM  yang  terlihat jelas  adalah  bahwa  tidak ada produk  nyata  yang  dijual  dalam ponzi ini. Modalnya ya cuman jualan omongan doang dan komisi  hanya berdasar pada  jumlah  individu  baru  yang direkrut ke dalam anggota.

Sumber Gambar : https://coinclarity.com/

Cara kerja sistem ini menggandakan uang dari anggota baru untuk disetorkan kepada anggota lama. Anggota baru bisa mendapatkan keuntungan bila bisa merekrut anggota baru yang berikutnya, sistem ini sudah pasti menguntungkan orang yang berada di top line.

Fenomena vtube dan aplikasi bodong sejenisnya

Halo vtubers, salam go diamond 💎 💎

Gimana sih cara si vtube bekerja ?

Model kerjanya cukup simpel, kalian tinggal menonton video-video yang tampil di aplikasi tersebut dan uang pun akan masuk ke akun kalian. Ya tentu saja dengan banyak embel-embel dari si founder seperti :

Kerjanya kita hanya menonton video dan iklan di VTube selama kurang lebih lima menit rutin setiap harinya tanpa bolong selama 40 hari. Kalau kita menyelesaikan misi tersebut maka kita akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan rupiah dimana satu poin itu nilainya satu dollar

Oke dari kasus diatas bisa disimpulkan bahwa "kita nontoin iklan dapet poin trus poinnya bisa ditukarkan jadi duit". But waittt, menemukan sesuatu yang ..

https://v-tube.my.id/apa-tugas-yang-harus-anda-lakukan-setelah-akun-anda-diverifikasi/

Selama 40 hari, member VTUBE harus menonton 5 video iklan untuk mendapatkan 0,3 poin. Sehingga 40 hari kalian bisa mendapatkan 12 poin. 
Dan 1 poin bernilai sama dengan $1 USD, jadi selama 40 hari nonton VTUBE kalian akan menghasilkan $12 USD. Kemudian si vtube ini juga menyediakan paket agar pendapatan kalian makin besar, contoh paket kurang lebih seperti :

Gambar diatas kalian bisa tau bahwa semakin tinggi paket Bintang yang dibeli, maka potensi pendapatannya akan semakin besar. Setelah itu kalian harus tetap membeli paket Bintang tersebut untuk dapat menikmati keuntungan lebih besar dari menonton video VTUBE.

Selain itu, vtubers ini dapat memperbesar potensi penghasilannya dari program referral dimana mereka akan dapat komisi tambahan jika sudah mengajak member-member baru, terdengar ponziable ? 🤔

Apakah vtube penipuan ?

Anthem dulu qta

Darimana VTUBE bisa membayar para member hanya dengan menonton video iklan aja?

Pengiklan tidak akan membayar orang hanya untuk menonton video mereka, yang mau dari pengiklan cari adalah orang yang tepat sasaran dan mau membeli produk/jasa, bukan orang yang hanya duduk manis, ngentang nonton iklan.

Kemudian tentang paket yang ditawarkan, skemanya ya sama seperti ponzi itu sendiri. Logikanya gini, kalian pengen dapet uang cepat tapi harus beli bintang vtube dan bayar yang gede dulu biar penghasilannya ikutan gede itupun harus diperpanjang setiap 40 harinya, yang ada pusinggg kan.

Dilihat dari skemanya pun udah jelas ini money game yang hasilnya akan jauh lebih besar dari biaya paket yang dibayarkan dan pasti orang yang berada di upline lah yang paling diuntungkan.

Bagaimana mengenali ciri penipuan skema ponzi ini ?

1.Too good to be true

Yang disampaikan si penipu secara perkataan akan sulit dicerna oleh orang awam dan menggunakan istilah yang ngebuat kita "apaan sih ini" alias terlalu teknikal. Kenapa pakai istilah yang sulit dicerna? alasannya simple, istilahnya "to good to be true", seakan akan yang mereka  sampaikan seorang dengan menggunakan istilah-istilah teknis tetek mbengek, iya tanda kutip emang "expert" tapi expert untuk menipu targetnya.

2. Embel-embel keuntungan besar dalam waktu singkat

Kita akan menemui kasus seperti ...

Ingin bebas finansial ?
Ingin bisnis stabil dengan modal ngabab doang?
Selalu hadir dengan orang tersayang?
Bahagia bersama keluarga dan pergi ke tanah suci?

Bayangkaaaaan jika andaaa ...

✅ Gajian kapan aja dan dimana aja tanpa perlu menunggu 30 hari

✅  Memiliki banyak waktu bersama orang yang anda cintai

✅ Tidak perlu letih mengeluarkan biaya operasional

Hei bani adam, ngepet aja masih pakai biaya operasional buat bayar dukun, lah ini ?

Bermodal racikan manis dan hasutannya macam buaya bisa aja 1000 atau bahkan 100000 orang bisa tertipu, ya nggak ketipu gimana yang ditawarkan keuntungan yang besar hanya dalam waktu 1 bulan atau kurang. Biasanya penipuannya menggunakan kedok investasi dan tipe hasutan manis lainnya.

3. Produk yang tidak jelas

Karena embel-embel keuntungan yang besar, produk yang ditawarkan tidak jelas entah produknya berbentuk barang / jasa. Ambil contoh dari vtube tadi, orang bangsa mana yang duduk manis  mau membayar paket untuk nontonin iklan doang, entertain juga enggak rugi waktu iya.

Cara menanggulangi

  • Cari tau dan pelajari dengan detil tertulis dari skema perusahaan, model bisnis dari perusahaan tersebut dari website resmi atau sumber lainnya seperti media sosial resminya, simpelnya gitu.
  • Diskusi dengan orang yang memiliki pengalaman mengenai produk terkait, untuk menentukan apakah produk yang ditawarkan tersebut benar-benar terpercaya atau tidak.
  • Periksa dengan teliti  untuk mengetahui apakah ada keluhan tentang perusahaan itu, kalau mau search aja udah begini, perlu dipikir ulang deh
  • Dengarkan baik-baik saat sosialisasi dan tanyakan segala hal yang dicurigai atau perlu diketahui, disini jadi orang kepo dan menyebalkan itu perlu.

Kesimpulan

Wus wus udah masuk section kesimpulan aja, fenomena MLM ilegal yang menawarkan keuntungan secara instan hanya dengan modal apps dan nontonin iklan kemudian bisa cepat kaya ? Tidak semudah itu grandong. Karena ini era apa-apa yang katanya "digital", modus penipuan akan beragam entah itu dari produk digitalnya atau dari social engineering-nya serta berhati-hati dalam penggunaan data sensitif (no KK, no KTP, data pribadi) untuk memakai sebuah platform.

Jadi generasi millenial, gen-z, gen-namex tugas kita adalah mengedukasi generasi sebelumnya agar terhindar dari fenomena ini. Ya senggaknya pantau aktifitas grup wassap walau terkadang nemuin spam chat segaban, long post, jokes om-om / ibu-ibu kalau terasa berbau bisnis ponzi disitu tugas kita buat memberi penjelasan, ya kalian modal riset lah biar effort.

🧕🏻 : Trus entar kalau yang tertipu kita sendiri gimana ?

👳🏻‍♂️ : 🙂🙂

salam go diamond 💎 💎

Referensi

Tentang MLM : http://repository.ub.ac.id/107284/

Berita : https://teknologi.id/tekno/vtube-aplikasi-bisnis-penipuan-berkedok-periklanan

Diskusi : https://www.kaskus.co.id/thread/5ffa4492a72768654802493a/cek-fakta-vtube-aplikasi-tren-yang-jadi-ilegal/

flatburger

🏙 warga gotham biasa

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.