Kuota vs MBps, santai kita cari tahu bersama

TelisikAsik Agt 05, 2020

Berawal dari keisengan kegabutan saya bikin smarthome kecil kecilan dirumah, lagi on progress, baru buat otomasi sederhana untuk internet. Yap internet ini adalah ibarat nyawa dari sebuah smarthome hehehe kalau ingin tahu project yang saya kerjakan sekarang sampai 30% baru berjalan, bagaimana inet bisa tetap diakses walau listrik mati dan alhamdulillah sudah teratasi. Kemudian juga saya ikut nimbrung diskusi dengan temen temen yang sedang mencari internet kenceng kuota pada Wired Network dan Mobile Network, pilih a ato b, blabla seperti itu.

Nah pada momen diskusi terceletuk sebuah pertanyaan menarique nich buat hamba,

Pilih kuota atau MBps? paling enak buat inet an?

Tenang ga usah bingung atau gimana wkwkw. ini pertanyaan yang simple buat bahan diskusi bersama . Dan izinkan saya disini  berbagi sekelumit ilmu dasar jaringan.

FYI: MBps adalah akronim atau singkatan dari Megabyte per second atau per detik. Sementara Mbps adalah Megabit per second. (Intinya kecapatan bos). Detailnya disini

Woke saatnya mendongeng mungkin saya analogikan internet itu sebuah truk biar mudah.

Gambar Treg

Truk ini mempunyai spesifikasi yang berbeda beda bukan?. dari segi kuota dan kecepatan, kita ambil contoh cybertruck om elon, sama Isuzu milik alamarhum Yoshisuke Aikawa. Jelas banget kan keliatan dari spesifikasi menang si cybertruck padahal modelnya seperti gambar dibawah nich 😆.

Lanjut sama seperti halnya sebuah truk jalan diatas tol pasti ada yang wus wus juga ada yang jalan pelan biasa, internet juga mempunyai tuh kecepetan dan kuota.Itu kalau kita ngomongin kuota dan MBps.Jadi sebenarnya pertanyaan diatas itu maaf agak kurang nyambung.Karna pada dasarnya setiap internet mempunyai kuota dan kecepatannya masing masing baik itu Wired Network ato pun Mobile Network. Mau kao punya kuota pun 100gb tapi kalau jalannya 1MBps juga lambat.

Nah kalau kalian tanya inet saya pakai apa? saya pakai mobile bukan wired karna flexible serta saya emang dipelosok brow. Apakah itu buat serumah? jawabannya iya karna saya sudah mengatur meghitung biaya dan pemakaian untuk dirumah saya. Yakin mas? berapa kuota yang dikeluarkan?.Ya yakin karna saya sudah testing namun masih ada beberapa kekurangan dalam penelitian ini (asek kayak skripshit aja), kekurangan itu belum bisa saya ceritakan karena masih tahap development+cari kekurangan kekurangan tersebut.Oh iya kuota yang dikeluarkan 300GB setiap bulannya dengan biaya cukup murah. makannya masih berjalan sebagai sekarang.

Emang kecepatan ISP di indonesia berapa?
menurut steam nich

Wooo plat merah keliatan banget xixixi kalau ketawa versi uncle.

Kemudian bagaimana sich cara ngitungnya uncle?, untuk kebutuhan inet sendiri?
Detailnya bisa disini: https://myrepublic.co.id/berapa-mbps-internet-yang-saya-butuhkan/

Ya berdasarkan aktivitas lo boy, main game,streaming download terus berapa device yang digunakan gitu sih.

Mungkin segitu dulu untuk sharing kali ini, semoga bisa dapet secuil ilmu bermanfaat dari sini, terima kasih!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.