Hal ini bisa ngebuat kamu jadi PNS beneran

TelisikAsik Jan 21, 2021
Impian menjadi flame hashira sejati 🔥

Hai generasi millenial, gen-y, gen-z dan para generasi lainnya yang awal mula disebut-sebut generasi melek teknologi. Di era sekarang mulai banyak sekali ide-ide kreatif yang bermunculan dibarengi dengan inovasi yang solutif sekali untuk negri ini.

Kalian pasti sudah nggak asing lagi kan dengan Tokopoedia, Bukalapak, Go-Jek dan para startup yang lain bukan?

Mungkin yang mimpinya dulu pilot, polisi, tentara akan beralih menjadi the next zuckerberg atau steve jobs dan bisa aja "Yutuberrrrr, Selebgraaaam", ya itulah yang terjadi di era sekarang.

Dari kalian netizen, nggak feeling jadi petani kah ?

Ehem, oke lanjut.

Sekarang dikit-dikit teknologi, mau makan "gofud aja brow", mau beli tiket "pake triviliki aja", mau cari pacar "swipe tindar aja sob". Secara kehidupan, kita semua sudah dimudahkan dalam hal-hal tersebut dan disisi lain kita menjadi lebih konsumtif, serta akan memunculkan masalah baru, contohnya : penyakit mental. Tonton aja the social dilemma di netplik, disitu bakal dijelasin masalah apa saja yang dialamin si pembuat platform sama masalah yang terjadi di usernya.

Balik ke topik, ekosistem dunia teknologi digital semakin meluas dan mainstream maka perputaran role pekerjaan akan terjadi, dimana beberapa ekosistem akan digitalkan dan terintegerasi secara sistem. Yang dulunya jualan harus punya toko fisik, sekarang cukup modal website / sosmed dan bisnis pun bisa jalan tanpa perantara toko fisik, jiwamu di dunia lain berbisik "cuancuancuancuancuan".

Di segi pendidikan, sekarang eranya anak IT lah. Lulus SMA/MAN/SMK, rebutan mau masuk kampus IT terkemuka, yang lulusan SMK mending langsung kerja aja daripada kuliah menuhin kuota doang *candaanaksmk, SMK BISAAAAAA!!!!.

Tipe - tipe anak kuliahan jurusan IT yang sering ditemui :

Aku kuliah IT peralihan dari kampus sebelah gak ketrima jurusan X soalnya
Kan kuliah IT modal MS WORD, MS EXCELL, hahay di sekolahku sebelumnya udah dipelajari
Kuliah IT dipaksa orang tua, passionku harusnya jurusan reaktor nuklir :(
Sambil nungguin daftar STAN, jadi iseng ambil IT
Ya biar jadi PNS lah, Pegawai Negri Startup yang kerja pake kaos oblong doang
Sama mama gaboleh jurusan teknik sipil, mama trauma pas kecil aku masuk mobil molen jadi IT aja, tinggal duduk depan laptop
Kuliah IT ya soalnya Bapakku yang punya kampus ini !!
Kuliah IT karena aku passion bgt di komputer, liat aja muka ku frik abiz kan kayak keyboard warnet

Dengan latar belakang yang berbeda-beda, banyak orang yang berminat dan berlomba ambil jurusan IT ini, apapun alasannya. Seperti biasa karena realita berbanding terbalik dengan angan-angan, yang terjadi di kampus kurang lebih seperti ini :

Ya Allah, kuliah kok isinya ngoding doang *cekrek instastory dengan caption = "Alhamdulillah lagi produktif dan menatap masa depan"
Syntax error anj***
Aku salah jurusan nji**, bener kan harusnya ambil jurusan reaktor nuklir duluuuuuu
Wah aku udah ketrima di STAN, selamat tinggal aiti
Mending nikah aja daripada skripsi aiti, arggghh
Cari pacar yang bisa ngerjain tugasku ahhh, biar ezpz
Lah dosennya AFK , biarkan semesta bekerja
Kuliah kok kayak bimbel sih, paketan pulak
*Nangis di kelas tugas gakelar

Ya itu tadi kumpulan kompilasi yang didapatkan pengalaman penulis dari kampusnya sendiri, entah dari lain pihak seperti apa. Karena timbul macam-macam problematika dan sambatan diatas ada kalanya kalian mencoba menjadi PNS 👍🏻, orang bilang kan "Kamu kan lulusan IT, pasti apa aja bisa yang berhubungan dengan komputer".

PNS yang dimaksud disini akan menjadi 2 golongan :

  • Pegawai Negri Startup
  • Pegawai Negri Sipil

Alasan kamu jadi pegawai startup

Hal-hal yang bisa membuatmu jadi pegawai negri startup terlebih kalian suka tantangan dalam hidup

1. Kekinian

Namanya juga usaha rintisan, intinya kalian harus inovasi trus mengikuti menyesuaikan jaman karena konsumen berubah berdasarkan itu.

Intinya kalian dituntut trus update tentang inovasi bisnis, bagaimana cara sustain dan terus mengupgrade diri dan perusahaan.

2. Orang penuh passion & Skill

Perusahaan besar biasanya mempekerjakanmu sesuai ijazah yang kalian miliki. Padahal, ijazah tidak menjamin keterampilan yang kalian miliki.

Di startup, biasanya mempekerjakan karyawannya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya asalkan ada impact ke perusahaan dan "cuan" tentunya, tetep aja kadang ya ada yang palugada.

Asal punya keterampilan di satu bidang, kalian sudah bisa bekerja di perusahaan startup.

3. Tantangan

Bekerja di startup memang "terlihat" menyenangkan. Tanggung jawab yang kalian pikul juga lebih besar lagi. Ini cocok buat kalian yang gampang bosen dan suka tantangan dan menjadi alasan bekerja di startup.

Sebab, tanggung jawab yang besar bisa melatih kalian lebih disiplin dan lebih giat lagi bekerja, contohnya pas liburan masih bawa laptop dengan label produktifitas WKWKWKWKW. Ya itung-itung ngelatih tanggung jawab ketika berkeluarga kelak yang penuh tantangan, semoga kamu takdirku *paansi.

4. Fleksibel

Karena kebebasan yang leluasa maka apapun yang kalian kerjakan akan lebih leluasa mengaturnya asalkan sesuai dengan target yang ditentukan perusahaan. Kemampuan kalianpun akan terus berkembang seiring dengan lamanya bekerja. Jadi kerja di startup akan lebih mudah dan adrenaline rush tentunya, mengembangkan skill dibanding di perusahaan biasa.

Alasan kamu jadi PNS beneran

Karena yang tadi PNS ala-ala, yang ini jadi PNS beneran guys dan inilah top 4 yang bisa bikin kalian jadi abdi negara ...

1. Membangun bangsa dan abdi negara

Terdengar muluk-muluk? Sebenarnya dibandingkan kritik yang tidak disertai solusi konkrit, ada baiknya kalian terjun langsung ke pemerintahan agar bisa menyelesaikan akar permasalahan juga kalau nggak keblinger tapi ya WKWKW. Siapa tahu negeri ini bakal lebih maju di tangan pegawai kredibel seperti kalian, bukan? gamungkin kalian nylentem korupsi kan ? xixixi

2. Masa depan

Tugas kalian adalah masa depan negara hyung, jadi nggaperlu takut resiko kehilangan pekerjaan / PHK. Cukup bekerja sans skuy sesuai kode etik karirmu akan melejit dan dijamin aman oleh negara, kalau kerja disuruh diam, ya diam aja gausah banyak pola pasti aman.

3. Tunjangan

Kalian ngga perlu passion blablabla, alasan utama menjadi PNS tepat buat kalian yang ingin memiliki kehidupan terjamin sebab gaji dan tunjangan lumayan mencukupi kebutuhan hidup dan easy life. Kalian cukup bangun pagi dan latihan upacara depan rumah.

Tak hanya itu saja, kalian tetap bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan berwirausaha. Asal nggak mengganggu pekerjaan utama sebagai pegawai negeri, contohnya buka kofishop, warnet, atau bikin usaha kaos distro dengan tagline "no pns no lyfe" dan masih banyak lagi.

4. Idola calon mertua tentunya

Yang nomer 4 ini adalah impian semua para jantan, dengan PNS kalian ibarat kata dapet shorcut untuk dapet nilai lebih dari camer kalau bahasa gamingnya seperti pakai gameshark daripada main dari awal sendiri.

Perbandingan PNS sama non PNS ketika menemui camer :

Non PNS

camer : kerja dimana dek ?

elu : jadi UI desainer di tutuplapak

camer : oh kerjanya ngedesain baliho di tol itu ya?

-- Panjang banget pokok obrolanya --

-- Selesainya nanti sampe ketikung --

PNS

camer : kerja dimana dek ?

elu : PNS tante di Sumawe sebentar lagi blablabla

camer : wah bagus nih, jadi kapan ortunya kesini

-- Selesai dan akhirnya kamu menikah --

Kesimpulan

Karena perkembangan teknologi yang begitu pesat mari dari kita dapat mencari solusi permasalahan menggunakan teknologi , entah itu role kita apaan. Ketika kalian salah satu pegawai startup / korporat tertentu yang lain, lakukan yang terbaik karena itu tanggung jawab yang kalian punya, persetan yang iri dengan pencapaian yang kalian punya.

Jadi kalian pilih PNS yang mana ? yang manapun itu ada di keputusan kalian pilih yang terbaik, bukan berarti ini menyudutkan 1 pihak, tetapi kalian bisa menjadi diri sendiri dan membahagiakan orang terdekat kalian serta diri sendiri juga bahagia batin dan bahagia semuanya. Tulisan ini agar orang menemukan timeline masing-masing dan nggak gampang minder dari hasil pencapaian orang lain tetapi bagaimana kita menyikapi hal tersebut, setiap orang pasti punya pertarungannya sendiri bukan?

Feel free to share 🤘🏻, instastory aja trus mensien penulisnya wkwk

flatburger

🏙 warga gotham biasa

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.