Buat enjoy pekerjaanmu dengan ini!

KilasRingkas Mar 03, 2020
If you feel the desire to write a book, what would it be about?
Photo by Glenn Carstens-Peters / Unsplash

Bekerja adalah suatu kewajiban bagi semua orang, baik itu kerja di organisasi, sekolah, bahkan sampai kerja kantor. Terkadang kita juga suntuk dan malas karna kerja “harus” selalu ada ditempat dengan waktu yang full akibatnya hari hari anda monoton ditambah lagi kita butuh tempat yang buat kita konsentrasi dalam melakukan perkerjaan atau tugas yang diberikan. Mungkin menurut saya pribadi, kebiasan ini lah yang harus diubah. Sedikit saran dan solusi dari saya mungkin dapat membantu anda.

  1. Hal pertama yang kalian harus adalah “mindset jadi kritis”. Hal yang terpenting adalah dengarkan setiap penilaian kritik dan saran dari orang dan lakukan dengan usaha terbaik menurutmu.
  2. Kedua  kalian buat diri kalian jadi remote worker, Ya pada dasarnya ini tidak untuk semua pekerjaan. Namun coba buat waktu anda seflexible mungkin. Dengan cara apa? manfaatkan internet dan tools online (nanti saya bongkar toolsnya).
  3. Kerja  dimanapun kapanpun, Itu adalah slogan para remote worker ya kebiasan ini kalau bisa terapkan dalam kehidupanmu. Mungkin ada beberapa orang yang “bosan” suasana seperti dikampus atau dikantor. Kalian dapat mengganti tempat kerja kalian dimana saja misal di cafe atau coworking  space karna ada juga toh, orang yang butuh ketenangan dan suasana beda  agar dapat konsentrasi.
  4. Kolaborasi  dengan tim pelajari dan terapkan metodologi pengerjaan seperti Scrum, Agile, Kanban dan Design Sprint. (Apa itu? googling aja bos) ini penting demi menghemat waktu kalian.
  5. Luangkan waktu untuk free dan  dengar kan musik klasik (ini penting selain kumpul keluarga teman juga  untuk menambah referensi dan belajar hal baru). Musik klasik untuk apa?  melatih konsentrasi. Ga percaya? #Cobaajadulu

Setelah  5 point tadi jika anda sudah menerapkan kali ini anda memerlukan seperangkat alat khusus untuk segala hal mulai dari manajemen proyek  hingga komunikasi tim jarak jauh. Tenang tools ini cocok untuk semua  pekerjaan tanpa terkecuali jadi meski untuk kerja kelompok atau tugas  kampus cocok kok. Apa aja itu?

  1. Slack, Stride, Chanty, Telegram (untuk komunikasi antar tim)
  2. Figma, Invision, Zeplin (untuk kolaborasi tim desain)
  3. Github, Gitlab, BitBucket, SourceTree (untuk kolaborasi tim programmer)
  4. Produk dari Google Docs, SpreadSheet, Slide dan Keep (untuk dokumen)
  5. Dropbox, GoogleDrive, Box (untuk cloud penyimpanan)
  6. Trello, JIRA, Asana (untuk manajemen proyek )
  7. TeamViewer, Join.me, Google Hangouts (untuk tatap muka antar tim)

Bagi kalian yang mahasiswa untuk mengerjakan tugas dari kampus baik dosen atau organisasi pasti butuh yang free hahaha, tenang sebagian besar tadi free  kok. Yang terpenting itu adalah point ke 3 tadi saya sebutkan yaitu  “Kolaborasi dengan tim pelajari dan terapkan metodologi pengerjaan”.

Dan  sebenarnya para startup sudah banyak menerapkannya loh!. Kalau startup bisa menerapkan kenapa tim mu tidak?. jadi … #Cobaajadulu

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.