Mencari arti Usability Testing

TeknisTakis Jan 02, 2021

Dalam artikel ini hamba akan membahas dan mencari arti bersama tentang Usabilty Testing untuk produk digital.

Berkenal, sebelum berkelana

Simplenya Usabilty testing merupakan sebuah metode untuk mengevaluasi sisi UX dari produk digital. UX researcher akan mengumpulkan perwakilan user dan pelanggan, lalu melihat apakah mereka dapat menggunakan produk dengan mudah. Tujuan dari usability testing atau UT sendiri mencari permasalahan kegunaan, mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif, serta menentukan kepuasan pengguna dengan produk tersebut.

Apakah kita butuh UT?

Jawabannya iya, Dengan menjalankan usability testing, tim product development dapat tracking apakah user memahami alur dan cara kerja produkmu atau tidak.
Tahapan ini penting untuk dijalankan agar nantinya, user yang bukan peserta uji coba tidak kebingungan dan bisa mendapatkan user experience yang baik.

Selain itu,

1.Kamu dapat hemat biaya dan waktu

Sebelum produk launch ini kesempatan tim kamu mencari tahu apakah produkmu gagal terlebih dahulu,karena dapat membantumu untuk tidak terlalu banyak menghabiskan waktu dan biaya. Sehingga kesalahan mendatang dapat dihindari serta kamu dapat menjembatani produkmu melihat produk itu sudah mencapai parameter yang ditentukan.

2.Conversion rate meningkat

Desain yang dibuat tepat sasaran sesuai target market kita,jelas dari segi bisnis pendapatmu pun meningkat

3.Dapatkan keunggulan lebih daripada kompetisi

Point yang paling penting nih, ketika kamu berhasil menyampaikan user experience dengan melebihi standar, kamu bisa memisahkan diri dari kompetitor dan memberikan nilai lebih terhadap bisnismu.

Bagaimana cara melakukan UT?

Banyak metode diantaranya ada moderated dan unmoderated, remote dan in-person (tatap muka), serta expolative, assessment, dan comparative.

Moderated dan Unmoderated

Moderated testing adalah uji coba yang bisa diberikan baik secara langsung maupun remote (jarak jauh) oleh ahli peneliti.Sedangkan unmoderated testing sebaliknya yaitu tanpa pengawasan langsung.

Perbedaan satu lagi, Moderated testing bisa memberikan jawaban yang spesifik dan mendalam, tetapi cukup mahal untuk dijalankan.Dan unmoderated testing memang lebih murah, tetapi pertanyaan yang diberikan harus benar-benar spesifik karena akan sulit untuk memberi pertanyaan lanjutan.

Remote dan in-person testing

Singkatnya, Remote testing dilaksanakan dari jarak jauh, baik itu melalui internet maupun telepon.

Explorative test, assessment research, dan comparative research

Dalam tes eksploratif, peserta biasanya diminta untuk menjalankan brainstorming dan memberikan opini masing-masing secara bebas.

Assessment research ditujukan untuk meneliti penilaian dari user, kepuasan mereka, dan apakah mereka dapat menggunakan produk yang diuji dengan mudah.

Comparative research merupakan metode yang mewajibkan peserta untuk memilih di antara dua desain produk, dan juga untuk membandingkan website dengan milik kompetitor.

Mungkin case dari mas Dwinawan ini bisa dari referensi kamu

#Tutorial — Mari Mencoba Melakukan Usability Testing — Bag 1 (Persiapan)
Andi sedang membuat desain aplikasi belanja online khusus tanaman organik. Ia sedang membuat lingkaran berwarna hijau, lalu menaruh icon “plus” diatasnya. Maka dari itu sebelum desain masuk ke tahap…

Terakhir perlu berapa iterasi untuk UT?

Balik lagi ketujuan usability testing adalah mencari permasalahan di bagian alur utama sebuah produk. Jadi jika alur tersebut dirasa sudah mudah digunakan, maka tidak perlu dilakukan usability testing lagi.

Kesimpulan

Source: https://www.nngroup.com/articles/which-ux-research-methods/

Sebuah UT salah satu metode yang efesien untuk mencari sebuah masalah dari produk digital yang telah dibuat, membantu kita evaluasi lebih dalam jelas sangat penting untuk tidak dilewatkan dalam pengembangan proses bisnis.

Terima kasih semoga bermanfaat!

Sumber air:

Natuno – Medium
This is a blog from Natuno Design.
Apa Itu Usability Testing? Pelajari Pentingnya di Sini! - Glints Blog
Usability testing adalah pemeriksaan fungsionalitas dari desain sebuah produk yang dikembangkan. Pelajari pengertian, metode, dan pentingnya di sini!
Tech in Asia Indonesia - Komunitas Online Startup di Asia

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.